Jumat, 24 Maret 2017

Salah satu jenis tanaman yang bisa diterapkan dengan metode tabulampot adalah Sawo. Tanaman yang satu ini memiliki beberapa jenis varietas, seperti Sawo Manila, lokal dan lain lain. Tanaman Sawo mudah untuk menghasilkan buah dan perawatannya pun relatif mudah.
Sebelum melakukan penanaman, Anda harus menyiapkan beberapa hal penting diawal, yaitu;
  • Pemilihan bibit sawo dari cangkok, stek, sambung atau dari vegetatif lainnya, hal ini karena lebih cepat berbuah daripada ditanam dari biji.
  • Pemilihan pot berdiameter 40-60 cm.
  • Media tanahnya yaitu campuran tanah subur, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 2:1:1 atau bisa juga campuran pupuk kandang, serbuk gergaji dan tanah subur dengan perbandingan 1:1:1.
  • Bagian bawah dari pot diberikan lubang serta ditutupi pecahan genting agar proses pengairan lancar dan tidak menggenang.

Penyiraman dan pemupukan
Selanjutnya penyiraman air sebanyak dua kali dalam sehari. Pemupukan dilakukan secara bertahap, berupa pupuk kandang, bisa pula dengan menggunakan pupuk kimia. Akan tetapi, pada penggunaan pupuk kimia, sebaiknya sesuai dosis aturan dan berlebihan agar tanaman tidak terkontaminasi dengan zat kimia.
Mengatasi beberapa masalah pada tanaman sawo
Seringkali dijumpai adanya beberapa masalah dalam proses pertumbuhan Sawo. Misal, sawo yang tak mau tumbuh, apalagi berbuah padahal seharusnya Sawo tersebut sudah saatnya berbuah. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memangkas beberapa titik yang nantinya akan menumbuhkan calon bunga untuk berbuah menjadi sawo.
Jika buah telah muncul, tutuplah dengan kertas ataupun plastik berwarna gelap. Tujuannya ialah untuk menghindari serangan dari hama dan penyakit lainnya.
Perawatan dan perlindungan yang efektif
Perlindungan dan pencegahan tanaman Sawo dari berbagai macam hama yang paling efektif dan efisien adalah dengan menutup tanaman Sawo dengan kelambu. Perlindungan cara ini, akan melindungi Sawo dari hama pengganggu, namun tetap mendapatkan pencahayaan matahari.
Sehingga produktivitas sawo akan terus meningkat dan terus berbuah, terlebih pad musim hujan.
Selamat mencoba..
Semoga bermanfaat
Gambar 1. Sawo berbuah di pot

Add caption
Kami menyediakan bibit Sawo berbagai varietas.

Silahkan kontak kami
WA/SMS/CALL 08986878698
PIN BB 7CC2057D
fanspage:
https://www.facebook.com/Bibit-tanaman-buah-dalam-pot-unik-1533133583568198/
Weblog:www.bibittanamanbuahdalampotunik.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!