Jumat, 02 Juni 2017

Permintaan akan bibit kurma terus meningkat dari tahun ke tahun, pembukaan lahan-lahan baru perkebunan untuk budidaya tanaman yang masih kerabat sawit ini terus diperluas di beberapa negara penghasil utama. Bagi perkebunan kurma skala komersial yang sudah berusia di atas 7-10 tahun mungkin tidak banyak membutuhkan atau bahkan tidak perlu membeli bibit-bibit varietas kurma yang baru, karena untuk memperluas perkebunan yang telah dikelola, cukup mengandalkan tunas-tunas atau offshoot yang dihasilkan dari tanaman induk yang sebelumnya telah berproduksi.

Tetapi, untuk membuka sebuah perkebunan kurma skala komersial yang baru, tentu membeli bibit unggul adalah sesuatu yang wajib dan harus dilakukan. Agar mendapatkan pohon kurma dengan tingkat produksi yang tinggi, serta standar varietas yang sesuai dengan permintaan pasar domestik dan internasional, maka pilihan yang tepat untuk saat ini adalah bibit kurma dengan metode kultur jaringan.


Bibit Tissue Culture Kurma Barhee Hasil dari Laboratorium DPD Inggris

TEKNOLOGI KULTUR JARINGAN / TISSUE CULTURE
Pengembangan bibit kurma metode Tissue Culture akan menghasilkan varietas yang seragam dalam  jumlah besar dengan waktu singkat, untuk memproduksi melibatkan teknologi dan peralatan mutakhir serta fasilitas yang lengkap. Teknologi kultur jaringan merupakan cara paling efektif memproduksi bibit secara massal. Di indonesia sendiri sudah banyak laboratorium kultur jaringan, namun belum ada yang memproduksi bibit kurma. Proses produksi untuk menghasilkan bibit dengan jumlah besar dan dalam waktu singkat di masing-masing laboratorium adalah berbeda kapasitasnya, bergantung fasilitas dan besar kecilnya sebuah laboratorium itu sendiri.
Seperti contohnya, sebuah laboratorium pengembangan bibit kurma internasional D.P.D. Ltd. (Date Palm Developments) yang berpusat di Inggris, melibatkan teknologi tinggi dan didukung fasilitas memadai, mampu memproduksi lebih dari 350.000 bibit kurma per tahun. Artinya dalam satu bulan Laboratorium D.P.D tersebut mampu berproduksi lebih dari 29.000 bibit kurma setiap bulan, jumlah yang cukup besar.

INDONESIA IMPOR BIBIT KURMA DARI D.P.D

Geliat untuk membuka perkebunan kurma skala komersial di indonesia semakin terasa, Jonggol Farm merupakan awal perkebunan kurma di indonesia dengan impor bibit KULJAR (kultur Jaringan) dari D.P.D. Ltd, kurang lebih tiga tahun silam (saat artikel ini di tulis). Dan sejak 4 Oktober 2015 beberapa grup peconta kurma melakukan impor bibit kurma tissue culture secara berjamaah dari laboratorium D.P.D ltd. tersebut.
Bahkan negara-negara penghasil kurma utama di berbagai belahan dunia , tak terkecuali para petani dan broker bibit kurma Thailand juga melakukan impor dari laboratorium  D.P.D. Ltd. (Date Palm Developments) di Inggris. Jika anda tertarik untuk membeli bibit kurma kultur jaringan secara berjamaah dari laboratorium yang terpercaya dan dengan harga terjangkau, silahkan kontak kami WA/SMS/TELP 08986878698. 
Tenaga Ahli di Laboratorium DPD Inggris
DAFTAR LABORATORIUM PENYEDIA BIBIT KURMA TISSUE CULTURE
Sebenarnya di beberapa negara sudah banyak laboratorium yang telah melakukan upaya untuk mengembangkan bibit kurma dengan teknologi  kultur jaringan, tetapi hingga saat ini (berdasarkan catatan F.A.O) – hanya beberapa laboratorium internasional yang telah dipercaya berhasil memproduksi bibit kurma kultur jaringan dengan standar dan kualitas baik.

D.P.D. LTD. (DATE PALM DEVELOPMENTS)

Alamat: Ham Street, Baltonsborough, Glastonbury BA6 8QG, Inggris

AL WATHBA MARIONNET L.L.C. TISSUE CULTURED DATE PALMS

Alamat: Abu Dhabi – Uni Emirat Arab

RAHAN MERISTEM

Alamat:  Propagation Nurseries, Kibbutz Rosh Hanikra, Western Galilee 22825, Israel

UNITED ARAB EMIRATES UNIVERSITY – (D.P.D.R.U) DATE PALM DEVELOPMENT RESEARCH UNIT DEPARTMENT

P.O. Box 81908-Al-Ain
Demikian ulasan singkat tentang TENTANG TEKNOLOGI KULTUR JARINGAN/ TISSUE CULTURE KURMA BARHEE. Semoga bermanfaat dan Salam berkebun,
Sumber: Joko Samudro (dengan editing seperlunya)

PEMESANAN BIBITNYA SILAHKAN KONTAK ADMIN KAMI
WA/SMS/TELP 08986878698
PIN BB 7CC2057D
FANSPAGE KAMI: https://www.facebook.com/Bibit-tanaman-buah-dalam-pot-unik-1533133583568198/?ref=aymt_homepage_panel

HARGA SELAMA RAMADHAN 2017 850rb belum ongkos kirim


0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!