Rabu, 31 Mei 2017

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi dan bisa terjadi pada pecinta tanaman adalah sudah melakukan kerja keras untuk merawat tanamannya agar berkembang pesat, akan tetapi yang didapatkan akhirnya tanaman justru mati atau hampir tidak tumbuh. Jangan biarkan kekecewaan seperti ini terulang terus menerus.
Nah, Berikut kami berikan beberapa tips dan trik yang baik agar tanaman Anda tumbuh semaksimal mungkin!

AIR TEH
Jika Anda menanam dari biji atau benih, maka rendam biji atau benih tersebut didalam air teh. Air teh ini akan membuat biji atau benih Anda berkecambah lebih baik dan tanaman akan lebih sehat.

PEMANGKASAN
Memangkas kembali tanaman bukanlah hal yang buruk. Lakukan pemangkasan jika Anda melihat tanaman Anda semakin lebat dengan cabang terlalu banyak, dan pohon terlihat berat menanggungnya. Ini akan memungkinkan nutrisi tanah yang diserap tanaman menjadi lebih terjaga, sehingga tanaman Anda tetap hidup dengan pertumbuhan yang baik.


MEMBUANG BAGIAN TANAMAN YANG MATI
Menghilangkan bagian-bagian tanaman yang sudah mati adalah cara yang baik agar tanaman Anda bertumbuh semakin sehat. Setelah Anda menghilangkannya, tanaman secara alami akan mulai menumbuhkan tunas barunya, tunas baru ini adalah tanaman yang sangat sehat.


PENYIRAMAN AIR
Kelebihan dan kekurangan penyiraman air pada tanaman menyebabkan banyak masalah bagi pecinta tanaman. Pastikan Anda tahu berapa banyak air yang dibutuhkan tanaman Anda, lalu siramlah dengan air dengan jumlah yang sesuai. Terlalu sedikit bisa membuat tanaman mengering dan terlalu banyak akan menyebabkan pembusukan bagian tanaman.


PAKU
Ini mungkin cara yang tidak biasa, tapi untuk tanaman yang menyukai tanah kaya zat besi, biarkan beberapa paku terendam di dalam air terlebih dahulu dalam beberapa waktu. Begitu Anda membutuhkan air untuk penyiraman maka gunakan air tersebut. Hal ini akan meningkatkan kandungan zat besi pada air, sehingga kebutuhan zat besi tanaman akan terpenuhi dengan air ini.


BUBUK KARI
Serangan serangga adalah hal buruk untuk tanaman di kebun. Jangan biarkan tanaman Anda dimakan oleh serangga atau sesuatu yang sejenisnya. Bubuk Kari sangat efektif dalam menangkal semut dan beberapa serangga lainnya.


PUPUK
Semua tanaman membutuhkan makanan dan nutrisi, dan beberapa jenis tanaman membutuhkan pupuk lebih dari yang tanaman yang lain. Periksa detail tanaman Anda untuk mengetahui apakah ada jenis pupuk tertentu yang dibutuhkannya, lalu rencanakan dengan tepat.



KOMPOS
Jangan membuang begitu saja sisa-sisa makanan anda. Taruh mereka untuk digunakan, kumpulkan bahan organik dari dapur Anda, seperti kulit kentang, sisa sayuran, dll. Masukkan ke dalam wadah untuk di olah menjadi kompos. Tanah akan menjadi kaya nutrisi dan benar-benar bisa membuat tanaman Anda sehat dan tumbuh subur.




KULIT PISANG
Jika Anda memiliki tanaman yang menyukai potasium, maka berikan tanaman Anda kulit pisang. Cukup mengubur kulit di tanah di sekitar tanaman, dan alam akan melakukan sisanya! Ulangi seperlunya.
SUSU
Kurasa manusia bukan satu-satunya yang suka dan butuh susu. Susu sebenarnya adalah pupuk yang mengagumkan untuk tanaman Anda karena mengandung nutrisi. Cukup tambahkan sedikit susu ke dalam air, lakukan penyiraman tanaman dengan air ini.


Selamat mencoba yah.
Salam berkebun.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!