Kamis, 23 Maret 2017

Gambar 1. 
Kelengkeng Matalada berbuah dipot

Kelengkeng merupakan salah satu jenis tanaman buah yang rasa buahnya manis dan digemari banyak orang, ukuran buahnya yang terbesar sebesar bola pingpong.

Tanaman Kelengkeng dapat tumbuh besar dan tinggi bila dibudidayakan langsung ditanah, akan tetapi hal tersebut tentu membutuhkan lahan yang luas. Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, tanaman Klengkeng dapat Anda budidayakan pada media pot dengan perawatannya yang relatif mudah. Berikut tips sukses menanam Kelengkeng didalam media pot.

Tahap Pertama
Pemilihan jenis kelengkeng yang akan ditanam dan asal bibit, apakah cangkok atau stek. Sebaiknya pilihlah bibit yang berasal dari stek, karena produktivitas buah jauh lebih cepat dan berlimpah.

Tahap Kedua
Pemilihan pot. Tanaman ini bisa langsung di tanam pada pot yang berukuran besar, sehingga saat tanaman ini tumbuh besar kita tidak perlu melakukan pergantian pot. Ukuran pot kira kira berdiameter 60 cm.

Jika Anda memulainya dari pot yang berukuran kecil atau sedang maka saat tanaman mulai tumbuh besar Anda harus melakukan penggantian pot dan memindahkan tanamannya ke pot yang lebih besar, agar ruang tumbuh akar tanaman lebih luas.

Pot yang digunakan harus memiliki lubang di bagian dasarnya, berguna untuk memperlancar drainase air didalam tanah.

Tahap Ketiga
Media tanah yang digunakan. Media yang digunakan adalah campuran tanah, sekam, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:2.

Karena pot berlubang, Untuk mencegah kebocoran air dan medianya serta agar drainasenya baik Anda bisa meletakkan bebatuan kecil ataupun pecahan genting pada bagian bawah pot. Setelah semuanya siap, bibit kelengkeng siap untuk ditanam serta diberikan perawatan.

Tahap Keempat
Penyiraman dan pemupukan. Penyiraman yang dilakukan secara rutin, dua kali sehari, pagi dan sore. Setiap kali menyiriam cukup dengan 1 sampai 2 gayung air.

Pemupukan selanjutnya bisa dilakukan satu kali seminggu dengan pupuk kandang. ika diperlukan bisa juga dengan pupuk kimia, NPK 2-3 bulan sekali sebanyak satu sendok teh saja.

Tahap kelima
Pemangkasan dan pencahayaan.
Pemangkasan harus dilakukan, pada bagian batang dan daun yang sakit dan percabangan yang tidak penting. Tips pemangkasan akan ditulis pada kesempatan berikutnya.

Pencahayaan oleh sinar matahari untuk tanaman Klengkeng sebaiknya tidak kurang dan juga tidak berlebihan.

Semoga bermanfaat.

Kami menyediakan bibit Kelengkeng berbagai jenis: Kristalin, New Kristal, Matalada/Hawae, Pingpong, Diamond River, Ruby.

Kontak kami
WA/sms/Call 08986878698
Pin BB 7CC2057D
Fanspage:
https://www.facebook.com/Bibit-tanaman-buah-dalam-pot-unik-1533133583568198/

Salam berkebun.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!